PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Sabtu, 05 Januari 2013

CARA MENGCOPY FILE MENGGUNAKAN COMMAND PROMPT



Command prompt merupakan salah satu contoh konsep HCI (Human Computer Interaction) yang menggunakan dialog berbasis text. Semua perintah dilakukan dengan mengetikan text yang sudah disediakan.
Langkah-langkah mengcopy file dengan menggunakan command prompt
Secara ringkas cara mengcopy sebuah file di command prompt adalah dengan menggunakan syntax seperti berikut:

copy (object path) (target path)

keterangan:
copy: perintah untuk mengcopy
object path: nama file yang akan di-copy, lengkap dengan ekstensinya dan path (jika ada)
target path: tempat file akan di-paste

supaya lebih jelas, ikutilah langkah-langkah berikut.
  1. Klik start > run > cmd > enter (pada windows xp) atau klik start > ketikan “cmd” pada kotak “search programs or files” > enter.
  2. Pada window akan muncul tulisan “C:\users\asus>”, artinya Anda sedang berada di  dalam drive ‘C:‘ folder ‘Users’ folder ‘asus’.
  3. Tentukan file mana yang akan kita copy, misalkan file ada di drive D:\, maka ketiklah “C:\users\asus>D:” lalu tekan enter, maka akan muncul tulisan “D:\>”, artinya Anda sekarang sudah berada di drive “D:”.
  4. Ketik “dir” untuk mengetahui isi file yang ada di drive “D:”. maka akan muncul sederetan file dan folder (untuk folder biasanya ada tanda
” sebelum nama foldernya).
  1. Jika Anda akan masuk ke dalam folder maka ketiklah “CD”, misalkan jika ingin masuk ke folder “IMK”, ketiklah “CD IMK”.
  2. Jika Anda akan mengakses subfolder, sub-subfolder, sub-sub-sub…dst. Maka berikan tanda backslash (\) setelah nama folder yang pertama dst. Misalnya “CD multimedia\film\indo\favorite”. Maka kita akan langsung berada di folder favorite tanpa langsung mengetik CD beberapa kali.
  3. Jika anda ingin kembali ke luar folder ketiklah “CD..” (titiknya 2 kali) lalu tekan enter.
  4. Sampai sini silahkan Anda latihan dulu untuk berpindah-pindah dari satu drive ke drive yang lain dan dari folder ke folder yang lain.
  5. Selanjutnya, kita asumsikan Anda akan mengcopy file “etika profesi.txt” yang ada di path “D:\recovered\3. Kuliah\1 m a t k u l\SMS_6” ke “E:\nitip\zakky” dan saat ini sedang berada di “C:\users\asus>”.
  6. Ketiklah “D:” untuk pindah ke drive “D:\”.
  7. Setelah berada di “D:\” ketiklah “CD recovered\3. Kuliah\1 m a t k u l\SMS_6”. Lalu ketik “DIR” untuk melihat isi folder “SMS_6”.
  8. Kemudian ketik copy “etika profesi.txt” e:\nitip\zakky , kemudian klik enter.
  9. Jika berhasil maka akan muncul tulisan “1 file(s) copied”.
Terakhir, silahkan cek file yang telah dicopy tadi di folder target.

Sumber
 

2 komentar:

  1. Alhamdulillah ilmu saya bermanfaat tapi tolong cantumkan link sumbernya, jangan asal copy-paste dari blog orang.hatur nuuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya mohon maaf gan krn mengcopy tanpa mencantumkan link sumber, jujur dulu bwt blog cma buat tgs, artikel jg asl copy yg sekiranya q paham tnp brpikir cantumin link sumber. Trus skrng wktu mau d tekunin dah lupa ngcopy nya drmn, setelah agan protes baru tau deh q ngopy nya drmn . Sekali lg mohon maaf gan. Udah q cantumin link sumbernya. Bisa di cek di blog q.
      Jikalau agan menyuruh bwt nghapus tlong email q : rofiahciety@gmail.com
      trims

      Hapus

~*~ Setelah membaca jangan lupa meninggalkan komentarnya, untuk kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungannya ~*~

twitterfacebookgoogle plusemail